Minggu, 22 Januari 2012

METODE SURVEI ARKEOLOGI 2011

MSA biasanya temen2 bilang.. ini sebenernya mata kuliah di smester 2 tahun 2011 yang lalu.. kira-kira bulan Mei - Juni buat ngerjain 3 Tugas MSA ini.. tapi baru bisa nge post sekarang, maklum anak Arkeologi sukanya di Lapangan terus kadang malah lupa laporannya jadi biasanya dikerjain SKS ( Sistem Kebut Semalem) hahaha.. ini sekedar berbagi cerita dan berbagi informasi aja deh pas kuliah MSA di Arkeologi UGM...
  Ini tugas mata kuliah Metode Surve Arkeologi, sebenernya ada 3 tahap dalam mata kuliah ini pertama tuh kuliah di lapangan nah.. kebetulan angkatan arkeologi 2010 dapet tempat di Candi Sojiwan, pas lagi ngerjain studi lapangan ada 3 tahap juga gan .. gimana ga pusing coba kuliah di arkeologi.. ilmunya juga campuran .. semi sains pula.. pertama pas di Candi Sojiwan tu nyari sisa2 rentuhan artefak trus direkam deh data2nya.. letak astronomisnya pun harus tepat makanya itu harus pake theodolite.. wuhh susah banget makenya.. karena theodolitenya juga masih manual bukan digital jadi ya susahh...
perekaman data ga sampe situ aja mamen.. terus juga mesti nggambar penampang reruntuhan artefak dari depan, samping, dari belahan tengah... oya itupun mesti dengan ukuran pasti dan digambar di ketas berskala.. wuhh susah kan.. abis selese itu semua pekerjaan masih berlanjut ...tugas selanjutnya mensurvei lingkungan sekitar Candi Sojiwan.. dari data artefak yang tesebar, dan juga data dari etnografis masyarakat sekarang. juga kondisi lansekap dari Candi Sojiwan dan sekitarnya.. ini nih kalo mau liat laporannya... 
lampiran


ini foto Candi Sojiwan pas waktu direnovasi sama BP3

ini foto candi Sojiwan pas bulan mei 2011, tapi sekarang kayaknya udah jadi deh tu candinya..

ini Candi Miri, letaknya di daerah Bukit Batur Agung juga, sama kaya Candi Barong, Ijo,Dawangsari dan Ratu Boko tapi letaknya ada di ujung bukit bagian paling utara dan timur. 
Untuk nyari Candi ini juga harus punya insting Arkeolog yang kuat karena sama sekali ga ada petunjuk buat kesini. Motor juga ga bakal bisa nyampe kesini. buat kesini harus jalan sekitar 1,5 km, pertama sih jalanynya biasanya tapi lama2 bakal naik bukit rindang yang jalannya aja ga sampe keliatan letak candi ini deket Tower jaringan kayaknya. Pemandangan pas perjalannya pun bagus bisa liat Candi Prambanan dari kejauhan gitu..  

ini nih di bagian Selatan Ada 3 buah Yoni, satunya uda ga bentuk yang 2 masih lumayan bagus kondisinya. 
sebenernya ada lagi survei di satu bangunan SMP 5 Jogjakarta yang masih satu kawasan kota baru deket Kridosono, prinsipnya juga sama sih tapi ini cuma ngidentifikasi bangunan dari segi interior sama eksteriornya. tapi sayangnya laporannya ilang entah kemana..
sejarahnya sih kalo ga salah pernah ada hubungannya sama SMA 3 Jogja si.. bangunan militer gitu kayaknya...
ini nih foto bangunannya......

foto dari depan nih.. liat.. ada kaya tambahan bangunan di atapnya kan..

ini foto dari halaman belakang nih ..

 hehe ini aja langsung ke tahap yang ketiga buat tentang satu komplek situs dan aku ambil di Mangkunegaran. oiya selama ngejain ini aku ga sendirian ada beberapa orang yang membantu buat nyusun laporan ini tiap tahapan beda-beda.. kelompok 1 pas di sojiwan, kelompok 2 dan 3 sama pas di smp 5 sama di mangkunegaran. ini disimak aja gan sebagian...
 Pura Mangkunegaran merupakan istana tempat tingal raja bernama Sri Paduka Mangkunegara yang bertempat tinggal di Surakarta yang dibangun tahun 1757 setelah  Perjanjian Salatiga dan dua tahun setelah dilaksanakannya Perjanjian Giyanti. Perjanjian Giyanti yang dilaksanakan pada 13 Februari 1755 tersebut membagi pemerintahan Jawa menjadi Kasultanan Yogyakarta dan Kasunanan Surakarta. Dalam perjanjian tersebut menyebutkan bahwa wilayah Mataram di bagi menjadi dua yaitu sebelah timur sungai opak diberikan kepada Sunan Pakubuwana III yang berkedudukan di Surakarta dan sebelah barat diserahkan kepada Pangeran Mangkubumi yang kemudian diangkat menjadi Sultan Hamengku Buwono I yang berkedudukan di Yogyakarta.
 ini tampak depan pura Mangkunegaran

 ini foto pintu masuk Selatan (foto diambil dari dalem)

 ini pintu masuk sebelah barat (nah.. ini kalo aku mau masuk buat nyari buku2 di pustaka Mangkunegaran )

Kavallerie Artillerie
sekilas info - ( Ini nih bangunan kuno yang ada di depan Pura Mangkunegaran bayangin aja bangunan ini udah ada sejak tahun 1874,  udah 138 tahun umurnya ... dulu bangunan ini digunain Belanda buat pasukan berkudanya Mangkunegaran, beda kan sama di Pakualaman tapi nasibnya ga hampir beda kalo di Pakualaman di Alun-alunnya buat Pedagang  tapi kalau di bangunan udah digunain rumah buat warga.. sayang banget kan?? padahal bisa buat Gallery atau Museum buat Mangkunegaran kalo bisa.. nasibnya pun udah ga terawat lagi.. )

Jika dilihat dari luar bangunan Pura Mangkunegaran ini hampir sama seperti bangunan keraton biasanya. Namun Pura Mangkunegaran ini terlihat lebih kecil. Meskipun modelnya lebih kecil tapi bagian-bagian ruangan seperti Pamedan, Pendapa, Pringgitan serta Dalem Ageng tetap ada. Dari segi arsitektur Pura Mangkunegaran memiliki keunikan tersendiri dimana terjadi akulturasi antara budaya Jawa dengan Eropa. Disini terlihat dimana kebudayaan Jawa tidak hilang serta budaya Eropa yang masuk diberi ornemen budaya Jawa.
Secara keseluruhan yang melatar belakangi memilih Pura Mangkunegaran sebagai objek survey kompleks situs adalah mencari sesuatu yang beda dan lain daripada yang lain yaitu ingin mengangkat objek yang berbeda dari kelompok lain. Selain itu juga karena adanya ketertarikan dari segi arsitektur serta pembagian dan persebaran dari bangunan yang merupakan kesatuan dari Pura Mangkunegaran.



NB : Jangan lupa ya nyantumin nama dan sumbernya kalo mau ngutip... 

2 komentar :

Posting Komentar