Sabtu, 28 Januari 2012

BENTENG VASTENBURG SOLO

Mungkin dari sekian banyak warga Solo ada yang tidak mengetahui atau memang tidak peduli dengan adanya bangunan Benteng Vastenburg yang berada di Gladhak. Memang letak dari bangunan ini tersembunyi di Belakang Bank Danamon. Keadaannya pun memprihatinkan... waktu aku mencoba melihat keadaan bangunan tersebut, untuk menjangkau tempat tersebut saja susah , biasanya aku lewat dari parkiran lalu melewati semak-semak, baru bisa sampai ke pintu depan dari Benteng tersebut..padahal bangunan tersebut merupakan bangunan yang penting dan wajib diketahui oleh warga Solo, tapi bagaimana warga Solo bisa tahu.. lha untuk menjangkau tempat tersebut saja susah.
ini gambar-gambar yang diambil dari beberapa internet dan sebagian dari dokumentasiku sendiri.





Ini nih jeleknya di kota Solo, bangunan – bangunan kuno nya kebanyakan dimiliki oleh Pribadi atau Dinas-dinas, jadi kebanyakan warga tidak mengetahui tentang sejarah bangunan-bangunan tersebut, padahal bangunan – bangunan sejarah di Solo banyak ditekui di sepanjang Jalan, misalnya saja Pabrik Es Saripetodjo yang sekarang menjadi kasus sengketa dan sudah dikatakan hancur, Lodjie Gandrung yang sekarang menjadi Rumah Dinas Walikota untuk masuk ke dalam ruangan perlu keterangan yang jelas, Bangunan PT.Pertani yang sekarang menjadi Puri Baron dimiliki oleh President PT.Sritex, Mr.Muh.Lukhminto. dan masih banyak lagi bangunan yang berpotensi menjadi Cagar Budaya.
bangunan di dekat Center Point of Solo, Purwosari di bangun sekitar tahun1800an
Rumah Wallet dekat Center Point of Solo, Purwosari. bangunan tahun 1800an denhan perpaduan Belanda-Cina

Prasasti Djoyoatmodjo yang menandakan dibangunnya Rumah Ndalem Djoyoatmodjo dibangun tahun 1856, 
Foto lama bangunan rumah PT.PERTANI ( sekarang PURI BARON ) yang menjadi saksi bisu perjanjian Case Fire antara Letkol.Slamet Riyadi dan Jendral Baron Van I. Holf

Itu adalah beberapa bangunan yang berhasil aku Survei sampai saat ini, kalau pagi aku sering bersepeda keliling kota Solo sembari aku melihat-lihat bangunan-bangunan yang tua dan mempunyai nilai sejarah. Tapi ada juga bangunan yang mau nyari fotonya saja susahnya minta ampun.. jadi ya kadang-kadang bikin jengkel juga sih..
nih kalau mau baca Artikel tentang Benteng Vastenburg di sini

0 komentar :

Posting Komentar